Selamat Datang Di Computer Community

Selasa, 18 Mei 2010

Belajar Flash

Posted by Memahami Komputer 19.07, under | No comments

MODUL BELAJAR APLIKASI FLASH

By : Computer Club

A. PENGENALAN SINGKAT APLIKASI FLASH MX 2004

Aplikasi flash pertama muncul untuk kebutuhan aplikasi presentasi kantor dan kebutuhaan tentang Web.Namun kemudian, dimulai dari Macromedia Flash 5, Macromedia MX 2008, Flash professional 8.memberi kesan bahwa flash sangat up to date dalam menambahkan fitur – fitur untuk hal animasi.Serta tak hanya itu flash juga memiliki script bawaan tersendiri yakni ActionScript .yang memiliki fungsi perintah yang cocok untuk bawaan pembuatan aplikasi game.
Aplikasi Macromedia MX 2004 dipilih dalam hal pembelajaran kali ini .karena, tampilan fitur yang mudah dikenal dalam navigasi kontrolnya. Serta Macromedia MX 2004 ini tidak bawel soal persyaratan untuk menggunakan aplikasi ini.Baik untuk user yang memiliki kecepatan RAM “HIGH SPEED” dan yang “LOW SPEED” yang memiliki kecepatan 128, dan System Operasi XP.Sehingga siapapun bisa menggunaka Macromedia MX 2004 ini. Berikut tampilanya :



Gambar I. Tampilan Macromedia Flash MX2004


B. PENGENALAN FITUR





BELAJAR ANIMASI TEXT

I. MEMBUAT ANIMASI TEXT BERJATUHAAN.

Pertama buat pengaturan area Work Sheet dengan mengklik Properties – Klick tombol size, lalu pada dimensions ubah width nya menjadi 400 px dan height nya menjadi 350 px dan juga pada Frame rate ubah menjadi 20 fpm.kemudian klick OK.
Kedua gunakan Text Tool pada Tools untuk membuat sebuah text yaitu kata “ KOMPUTER KLUB “ dan gunakan pada area worksheet.setelah itu posisikan text keluar area worksheet dengan menggunakan arrow tool dengan cara menggesernya.
Ketiga pada keyboard anda tekan ctrl dan B secara bersamaan.dan akan terlihat hasilnya bahwa text telah terpecah menjadi huruf- huruf.setelah itu tekan shift dan ctrl dan D secara bersamaan. Dan terlihat hasilnya pada time line.
Keempat lihat masih pada time line terlihat layer 1 ada diposisi paling atas.
Arahkan kursor pada layer 1 klick satu kali sehingga nampak layer 1 berwarna hitam.kemudian delete dengan mengarahkan kursor ke tombol delete layer.dan klick untuk menghapusnya.Dan akan terlihat pada layer bahwa layer satu sudah tidak ada / terhapus.
Kelima ialah pengaturan timeline untuk setiap hurufnya.lihat posisi huruf pertama yaitu huruf “K” pada posisi time pertama huruf “K” tampak pada area worksheet masih diluar area.kemudian pada time line arahkan kursor pada time ke lima masukan keyframe dengan cara tekan F6 pada keyboard.kemudian lihat pada worksheet yang masih di time kelima ,coba pindahkan huruf “K” ke dalam area worksheet {digeser }dan lakukan hal yang sama untuk huruf lainya tapi ingat gunakan selisih waktu sebanyak 5 time untuk memasukan keyframe berikutnya untuk setiap hurufnya.dan kemudian pada time ke 100 tekan F5 untuk setiap hurufnya (seluruhnya).
Keenam adalah pengaturan motion tween.arahkan kursor pada time line pada layer “K” dan time ke 4 sebelum keyframe yang kedua.klick satu kali dan kemudian klick kanan pilih create motion tween.kemudian lakukan untuk setiap huruf lainya.dan mesti diingat lakukan motion tween ini sebelum keyframe yang kedua disetiap layer hurufnya pada time line.
Ketujuh tekan ctrl dan enter secara bersamaan untuk melihat hasilnya.

0 komentar: